Senin, 24 Oktober 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS METODE DEMONTRASI


Tugas Penelitian Tindakan Kelas
Dosen Pembimbing : DR. Drs. Amaluddin, M. Hum

UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MESIN PENGGERAK UTAMA KAPAL SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONTRASI PADA SISWA KELAS X NKPI
SMK NEGERI 9 MAKASSAR










MUHAMMAD HASAN
21010360
085396921063




PROGRAM AKTA IV ANGKATAN LIV
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE
2011

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia di dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pencapaian tujuan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dilakukan melalui pendidikan. Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi.
Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pendidikan menengah merupakan lanjutan dari pendidikan dasar, terdiri atas pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan. Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Jenjang pendidikn menengah terdapat dua alternatif pilihan yaitu bias SMA atau SMK. Perbedaan keduanya adalah bahwa untuk SMA merupakan pendidikan menengah yang masih bersifat umum dan belum menjurus ke keahlian tertentu, sedangkan untuk SMK merupakan pendidikan yang bersifat khusus dan sudah menjurus pada keahlian tertentu berdasarkan program keahliannya. Program keahlian yang ditawarkan di SMK antara lain perikanan, permesinan, otomotif, elektronika, bangunan, akuntansi, manajemen dan lain-lain.
Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional : “Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja di bidang tertentu”. Arti pendidikan kejuruan ini dijabarkan lebih spesifik dalam perturan pemerintah nomor 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah, yaitu: Pendidikan menengah kejuruan adalah pendidikan pada jenjang menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu (Wardiman, 1998:31).
Inti dari mata pelajaran yang diberikan di SMK adalah komponen yang bersifat produktif yaitu mata pelajaran yang memberikan pelajaran keterampilan produktif sesuai dengan jurusannya atau sesuai dengan apa yang dibutuhkan di tempat kerja. Pelajaran yang diberikan mulai dari materi dasar sampai materi pokoknya. Materi dasar yang diberikan harus sesuai dengan jurusannya artinya bahwa materi tersebut nantinya dapat dipakai untuk pelajaran-pelajaran lain yang diberikan selanjutnya, dengan kata lain materi dasar diberikan sebelum materi pokoknya.
Menurut Wardiman (1998:57), bahwa kebiasaan salah di SMK pada saat kegiatan pembelajaran antara lain guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis. Proses pembelajaran tidak menerapkan sistem belajar tuntas, proses pengajaran yang ditampilkan tidak berwawasan ekonomi, tidak berwawasan nilai tambah, guru tidak mendorong siswa belajar dari buku (belajar hanya pada apa yang dijelaskan lisan dan ditulis guru), dan tidak membetuk etos kerja serta guru tidak membuat lembar kerja atau rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Hasil observasi lapangan (kelas), pada kegiatan proses belajar mengajar (PBM) menunjukkan aktivitas siswa dalam proses belajar-mengajar rendah dan bersifat pasif yaitu cenderung hanya sebagai penerima saja. Siswa kelihatan tidak bersemangat banyak yang mengantuk dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru. Siswa kurang berminat selama mengikuti proses pembelajaran, siswa kurang berani mengemukakan pendapatnya bila diberi pertanyaan oleh guru. Proses kegiatan belajar mengajar didominasi dengan kegiatan mencatat di papan tulis dan ceramah.
Melihat kondisi siswa ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih rendah. Minat belajar siswa ditunjukkan dengan adanya perasaan senang, perhatian dan adanya aktivitas yang merupakan akibat dari rasa senang dan perhatian. Banyak hal yang menyebabkan kondisi di atas terjadi, misalnya berasal dari diri pribadi siswa sendiri dan dari luar pribadi siswa sendiri yang kemudian dapat mempengaruhi minat belajar siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Beberapa contoh yang berasal dari dalam pribadi siswa misalnya: siswa mengalami masalah pribadi yang bisa menurunkan minat belajarnya, atau yang berasal dari luar pribadi siswa misalnya: metode pembelajaran hanya ceramah dan mencatat di papan tulis atau bahkan bisa berasal dari guru sendiri sebagai pemberi materi pelajaran.
Minat belajar siswa penting untuk ditingkatkan karena mempermudah proses belajar serta untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Minat merupakan alat motivasi yang pokok karena proses belajar akan berjalan lancar kalau disertai minat. Mengenai minat ini antara lain dapat dibangkitkan dengan cara-cara sebagai berikut: menggunakan berbagai macam metode mengajar, membangkitkan adanya suatu kebutuhan, member kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Menurut Soekidjo (2003:59), dalam proses penyampaian materi pendidikan kepada sasaran pendidikan, di samping kurikulum maka metode dan alat pendidikan turut memegang peranan penting. Sebab bagaimanapun pandainya seorang pendidik dalam usahanya mengubah tingkah laku, tidak terlepas dari metode dan alat bantu pendidikan yang digunakan. Metode dan alat bantu pendidikan yang baik akan mempermudah proses belajar dan mengajar.
Dalam pelaksanaan kegiatan belajar banyak menggunakan jenis metode yang bisa digunakan oleh pendidik dalam menerangkan materi ajar kepada siswa. Masing–masing jenis metode memiliki kemampuan sendiri-sendiri dalam mengungkapkan dan menggambarkan bahan ajar yang disampaikan guru. Begitu pula kualitas efeknya terhadap pemahaman siswa yang ditimbulkan.
Penyebab kurangnya minat dan motivasi belajar siswa disebabkan karena cara mengajar guru tidak menarik dan monoton, kurangnya alat dan bahan, tidak adanya media dalam proses belajar mengajar.
Untuk itu peneliti tergugah untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi untuk menimbulkan minat belajar siswa.  Menurut Muhibbin 1995:201) Syah metode demontrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang di sajikan.
Dengan dilakukannya metode demontrasi dalam proses belajar mengajar perhatian siswa dapat lebih dipusatkan, proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari, pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa, memudahkan berbagai jenis penjelasan dan membantu anak didik memahami dengan jelas kejadian, aturan dan urutan melakukan suatu kegiatan.
B.     Identifikasi Masalah
Sesuai kondisi lapangan sebagaimana di kemukakan pada latar belakang masalah, maka masalah-masalah PTK ini dapat di identifikasi sebagai berikut:
1)        Pembelajaran mesin penggerak utama kapal di kelas masih monoton
2)        Belum ditemukan strategi pembelajaran yang tepat
3)        Belum ada kolaborasi antara guru dan siswa
4)        Metode yang digunakan bersifat konvensional
5)        Rendahnya kualitas hasil pembelajaran mesin penggerak utama kapal
6)        Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran mesin penggerak utama kapal
C.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka timbul  masalah seperti:
Apakah dengan penerapan metode demonstrasi minat belajar Mesin Penggerak Utama Kapal siswa kelas X Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) pada SMK Negeri 9 Makssar dapat ditingkatkan..?
 D.    Cara Memecahkan Masalah
Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu pembelajaran metode demontrasi, dengan metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar melalui pelajaran mesin penggerak utama kapal.
E.     Hipotesis Tindakan
Berdasarkan uraian kajian teoritis diatas, maka rumusan hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) pada mata pelajaran Mesin Penggerak Utama Kapal SMK Negeri 9 Makassar.
F.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Mesin Penggerak Utama Kapal pada siswa kelas X Nautika Kapal Penagkap Ikan (NKPI) pada SMK Negeri 9 Makassar.
G.    Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian adalah :
1.      Untuk memperbaiki mutu pendidikan pada SMK Negeri 9 Makassar
2.      Dapat dijadikan acuan bagi para guru dalam usaha peningkatan  minat belajar siswa, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa baik siswa SMK Negeri 9 Makassar maupun siswa di luar SMK Negeri 9 Makassar 
3.      Dapat meningkatkan minat belajar siswa pada umunya dan siswa SMK Negeri 9 Makassar pada  khususnya.

BAB II
                                                KAJIAN PUSTAKA
A.    Landasan Teori
1.      Pengertian belajar
Belajar menurut Omar Hamalik (2002:154) adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman. Hilgard dan Bower seperti yang dikutip Ngalim Purwanto (1993:84) bahwa “Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang-ulang, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungannya berupa respon pembawaan, kematangan atau keadaan sesaat seseorang”. Pendapat tersebut menegaskan bahwa belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang-ulang.
Menurut Gadne yang dikutip Ngalim Purwanto (1993:84) bahwa “Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa, sehingga perbuatannya berubah. Pendapat ini menjelaskan bahwa belajar dipengaruhi oleh situasi stimulus yang menyebabkan perubahan perbuatan”. Morgan yang dikutip Ngalim Purwanto (1993:84) bahwa “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Pendapat ini menggambarkan bahwa belajar merupakan perubahan yang relative menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman”. Witherington yang dikutip Ngalim Purwanto (1993:84) bahwa “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu pola baru dari reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku yang terjadi sebagai reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian”.
Melihat pendapat-pendapat di atas, belajar dapat didefinisikan sebagai suatu perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian yang disebabkan oleh situasi stimulus yang berupa latihan atau pengalaman yang berulang-ulang.
2.      Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar
Belajar merupakan suatu proses, sebagai suatu proses sudah barang tentu harus ada yang diproses (masukan atau input), dan hasil dari pemrosesan (keluaran atau output). Jadi dalam menganalisis kegiatan belajar dapat dilakukan dengan pendekatan analisis sistem.
Dalam proses belajar-mengajar di sekolah, maka yang dimaksud masukan mentah (raw input) adalah siswa, sebagai raw input siswa memiliki karakteristik tertentu, baik fisiologis maupun psikologis. Mengenai fisiologis ialah bagaimana kondisi fisiknya, panca inderanya, dan sebagainya, sedangkan kondisi psikologis adalah minatnya, tingkat kecerdasannya, bakatnya, motivasinya, kemampuan kognitifnya, dan sebagainya. Semua itu dapat mempengaruhi bagaimana proses dan hasil belajarnya (Ngalim Purwanto, 1993:107).
Instrumental input atau faktor-faktor yang sengaja dirancang dan dimanipulasikan adalah kurikulum atau bahan pelajaran, guru yang memberikan pengajaran, sarana, dan fasilitas, serta manajemen yang berlaku di sekolah yang bersangkutan. Dalam keseluruhan sistem, maka instrumental input merupakan faktor yang sangat penting dan paling menentukan dalam pencapaian hasil/output yang dikehendaki karena instrumental input inilah yang menentukan bagaimana proses belajar-mengajar itu akan terjadi di dalam diri pelajar (Ngalim Purwanto, 1993:107).
3.      Pengertian minat belajar siswa
Menurut Djamarah (2008:166), minat berarti kecenderungan yang menetap dan mengenang beberapa aktivitas. Seseorang yang berminat terhadap aktivitas akan memperhatikan aktivitas itu secara konsisten dengan rasa senang. Menurut Agus Sujanto (2004:92), minat sebagai sesuatu pemusatan perhatian yang tidak sengaja yang terlahir dengan penuh kemauannya dan tergantung dari bakat dan lingkungannya. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa minat merupakan pemusatan perhatian.
Witherington yang dikutip oleh Buchori (1991:135), juga berpendapat bahwa minat merupakan kesadaran seseorang terhadap suatu obyek, seseorang, soal atau situasi yang bersangkutan dengan dirinya. Selanjutnya minat harus dipandang sebagai suatu sambutan yang sadar dan kesadaran itu disusul dengan meningkatnya perhatian terhadap suatu obyek. Beberapa pendapat di atas menunjukkan adanya unsur perhatian di dalam minat seseorang terhadap sesuatu.
Menurut Djaali (2007:121), minat adalah rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada sesuatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Pernyataan tersebut mengidentifikasikan bahwa orang yang berminat akan ada rasa tertarik. Tertarik dalam hal tersebut merupakan wujud dari rasa senang pada sesuatu. Slameto (1995:57), berpendapat bahwa minat sebagai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang. Beberapa pendapat di atas menunjukkan adanya unsur perasaan senang yang menyertai minat seseorang.
Melihat beberapa pendapat dari para ahli di atas, dapat diketahui ciri-ciri adanya minat pada seseorang dari beberapa hal, antara lain: adanya perasaan senang, adanya perhatian, adanya aktivitas yang merupakan akibat dari rasa senang dan perhatian.
1)      Perasaan senang
Menurut Ahmadi (1991:36), perasaan adalah peryataan jiwa yang sedikit banyak bersifat subyektif dalam merasakan senang atau tidak senang. Menurut Suryabrata (2002:66), gejala psikis yang bersifat subyektif yang umumnya berhubungan dengan gejala-gejala mengenal dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam
berbagai taraf. Penilaian subjek terhadap sesuatu objek membentuk perasaan subjek yang bersangkutan. Karena itu perasaan pada umumnya bersangkutan dengan fungsi mengenai, artinya perasaan dapat timbul karena mengamati, menanggap, membayangkan, mengingat atau memikirkan sesuatu.
2)      Perhatian
Menurut Suryabrata (2002:14), bahwa perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju kepada suatu obyek atau banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan. Menurut Baharudin (2009:178), bahwa perhatian merupakan pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang ditujukan kepada suatu sekumpulan objek. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa perhatian merupakan pemusatan yang ditujukan kepada suatu objek.
3)      Aktivitas
Menurut Ali (1996:26), bahwa aktivitas adalah keaktifan atau kegiatan. Aktivitas yang dimaksud adalah keaktifan atau partisipasi langsung dalam suatu kegiatan. Pendapat ini didukung oleh Suryabrata (2002:72), bahwa aktivitas adalah banyak sedikitnya orang menyatakan diri, menjelmakan perasaan dan pikiranpikirannya dalam tindakan yang spontan. Sesuai dengan beberapa pendapat di atas, aktivitas merupakan perilaku yang aktif dalam melakukan tindakan yang merupakan penjelmaan dari perasaan.
4.      Pentingnya peningkatan minat belajar siswa
Menurut Dalyono (2001:56-57), bahwa minat dapat timbul karena daya tarik dari luar dan juga datang dari hati sanubari. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai/memperoleh benda atau tujuan yang diminati itu. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi.
Menurut Djamarah (2008:167), bahwa minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Anak didik yang berminat terhadap suatu mata pelajaran akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, karena ada daya tarik baginya. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. Minat merupakan alat motivasi yang utama yang dapat membangkitkan kegairahan belajar anak didik dalam kurun waktu
tertentu. Melihat dari pendapat di atas, maka minat penting untuk ditingkatkan karena mempermudah proses belajar siswa dan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.
5.      Cara meningkatkan minat belajar siswa
Menurut Muhibin Syah (2002:129), bahwa minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam bidang studi tertentu. Guru seyogyanya membangkitkan minat siswa untuk menguasai pengetahuan yang terkandung dalam bidang studinya dengan cara yang kurang lebih sama dengan membangun sikap positif. Menurut Winkel (1983:30), perasaan senang akan menimbulkan minat pula, yang diperkuat lagi oleh sikap yang positif. Diantara kedua hal tersebut timbul lebih dahulu sukar ditentukan secara pasti.
Perasaan tidak senang menghambat dalam belajar, karena tidak melahirkan sikap yang positif dan tidak menunjang minat dalam belajar. Menurut Dalyono (2001:56-57), bahwa minat dapat timbul karena daya tarik dari luar dan juga datang dari hati sanubari.
Pendapat-pendapat di atas menunjukkan bahwa minat dapat ditingkatkan dengan daya tarik dari luar, perasaan senang, dan sikap yang positif yang akan dapat meningkatkan kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam bidang studi tertentu.
6.      Media pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atas pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Menurut Sanaky (2009:4), bahwa media pembelajaran adalah sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pengajaran.
Selanjutnya, Notoamodjo (2003:71), mengatakan bahwa media pembelajaran adalah alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pengajaran. Alat bantu ini lebih sering disebut alat peraga, karena berfungsi membantu dan memperagakan sesuatu dalam proses pembelajaran.
Pernyataan di atas sejalan dengan pendapat Edgar Dale yang dikutip oleh Basuki Wibawa (1993:16) tentang pengaruh metode pembelajaran terhadap pengalaman belajar seseorang. Edgar Dale mengemukakan bahwa pengalaman langsung diperlukan untuk membantu siswa belajar memahami, mengingat, dan menerapkan berbagai simbol abstrak. Kegiatan belajar akan terasa lebih mudah bila menggunakan materi yang terasa bermakna bagi siswa ataupun mempunyai relevansi dengan pengalamannya.
Pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran suatu alat atau objek yang digunakan sebagai alat bantu dalam menjelaskan proses mesin, cara kerja suatu alat. Media pembelajaran dapat memberi pengetahuan yang lebih mendalam kepada peserta didik.
b. Fungsi dan manfaat media pembelajaran
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah: metode mengajar dan media pengajaran/pembelajaran, kedua aspek ini selalu berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, yakni tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan dari peserta didik kuasai setelah pengajaran berlangsung dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik peserta didik. Menurut Nana Sudjana (2002:2), ada beberapa manfaat penggunaan media pembelajaran:
1)      Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2)      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa.
3)      Metode mengajar akan lebih bervariasi.
4)      Siswa melakukan kegiatan belajar, seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan.
Menurut Wibawa (1993:27-55), beberapa jenis media pembelajaran yang sering digunakan di Indonesia diantaranya:
1)      Media pembelajaran visual dua dimensi tidak transparan, yang termasuk dalam jenis media ini adalah: gambar, foto, poster, peta, grafik, sketsa, papan tulis, flipchart, dan sebagainya.
2)      Media pembelajaran visual dua dimensi yang transparan. Media jenis ini mempunyai sifat tembus cahaya karena terbuat dari bahanbahan plastik atau dari film yang termasuk jenis media ini adalah: film slide, film strip, dan sebagainya.
3)      Media pembelajaran visual tiga dimensi. Media ini mempunyai isi atau volume seperti benda sesungguhnya. yang termasuk jenis media ini adalah: benda sesungguhnya, speciment, mock-up, dan sebagainya.
4)      Media pembelajaran audio. Media audio berkaitan dengan alat pendengaran seperti misalnya: radio, kaset, laboratorium bahasa, telepon dan sebagainya.
5)      Media pembelajaran audio visual. Media yang dapat menampilkan gambar dan suara dalam waktu yang bersamaan, seperti: Film, Compact Disc (CD), TV, Video, dan lain sebagainya.
Pada penelitian ini menggunakan media pembelajaran tiga dimensi yang berupa benda asli. Hal ini sejalan dengan pendapat Sanaky (2009:109) bahwa benda asli merupakan alat paling efektif mengikutsertakan berbagai indera dalam belajar.
B.     Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Muhibbin Syah, 2000). 
Demonstrasi merupakan suatu praktek yang diperagakan kepada peserta.  Karena itu peserta dapat dibagi menjadi 2 tujuan yaitu demonstrasi proses untuk memahami langkah demi langkah dan demonstrasi hasil untuk memperlihatkan atau memperagakan hasil dari sebuah proses. 
Biasanya setelah demonstrasi dilanjutkan dengan praktek oleh peserta sendiri. Sebagai hasil, peserta akan memperoleh pengalaman belajar langsung setelah melihat, melakukan merasakan sendiri. Tujuan dari demonstrasi yang dikombinasikan dengan praktek adalah membuat perubahan pada ranah  keterampilan.
Manfaat psikologis pedagogis dari metode demonstrasi adalah :
a.    Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan
b.    Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari
c.    Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa ( Daradjat, 1985).
Demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif, sebab membantu siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta atau data yang benar. Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan. Sebagai metode penyajian, demonstrasi tidak terlepas dari penjelasan secara lisan oleh guru.
Walaupun dalam proses demonstrasi peran siswa hanya sekadar memerhatikan, akan tetapi demonstrasi dapat menyajikan bahan pelajaran lebih konkret. Dalam strategi pembelajaran, demonstrasi dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri.
1.        Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
Sebagai suatu metode pembelajaran demonstrasi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:
a.         Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, sebab siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan.
b.         Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tak hanya mendengar, tetapi juga  melihat peristiwa yang terjadi.
c.         Dengan cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan. Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran.
Di samping beberapa kelebihan, metode demonstrasi juga memiliki beberapa kelemahan, di antarannya:
1.         Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tanpa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menyebabkan metode ini tidak efektif lagi. Bahkan sering terjadi untuk menghasilkan pertunjukan suatu proses tertentu, guru harus beberapa kali mencobanya terlebih dahulu, sehingga dapat memakan waktu yang banyak.
2.         Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal dibandingkan dengan ceramah.
3.         Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional. Di samping itu demonstrasi juga memerlukan kemauan dan motivasi guru yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.
2.         Langkah-langkah Menggunakan Metode Demonstrasi
a)    Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan :
-          Rumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa setelah proses demonstrasi berakhir.
-          Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan.
-          Lakukan uji coba demonstrasi.
b)   Tahap Pelaksanaan
1)      Langkah Pembukaan
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:
a.       Aturlah tempat duduk yang memungkinkan semua siswa dapat memperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan.
b.      Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa.
c.       Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa, misalnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
2)      Langkah Pelaksanaan Demonstrasi
a.       Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir, misalnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengandung teka-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memperhatikan demonstrasi.
b.      Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan.
c.       Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memerhatikan reaksi seluruh siswa.
d.      Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
3)      Langkah Mengakhiri Demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau tidak. Selain memberikan tugas yang relevan, ada baiknya guru dan siswa melakukan evaluasi bersama tentang jalannya proses demonstrasi itu untuk perbaikan selanjutnya.
C.    PELAJARAN MESIN PENGGERAK UTAMA KAPAL
a.       Lingkup Belajar
Pelajaran tentang Mesin Penggerak Utama Kapal  membahas tentang prinsip kerja mesin penggerak utama kapal dan mesin bantu, menguraikan fungsi baling-baling, dan poros baling-baling, menggunakan system control di atas kapal dan menghitung bahan bakar dan pelumas yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), peraturan dan prosedur/kebijakan perusahaan.
Mesin penggerak utama kapal ikan bila ditinjau dari fungsinya adalah sebagai sumber tenaga penggerak utama kapal ikan untuk melakukan kegiatan olah gerak kapal ikan baik saat di dermaga / pelabuhan maupun pada saat kegiatan penangkapan ikan di daerah penangkapan (fishing ground).
b.      Materi pokok pembelajaran
1)      Sikap
a.       Mengikuti prosedur perbaikan/servis mesin penggerak utama kapal dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).
b.      Memperhatikan faktor keselamatan kerja dan lingkungan.
2)      Pengetahuan
a.       Prosedur perbaikan/servis komponen mesin penggerak utama kapal.
b.      Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.
c.       Kebijakan pabrik/perusahaan.
d.      Prinsip kerja Mesin penggerak utama kapal.
e.       Prosedur penanganan secara manual.
f.       Persyaratan keselamatan diri.
3)      Keterampilan
Melaksanakan perbaikan mesin penggerak utama kapal secara berkala.
Mesin penggerak utama kapal ikan bila ditinjau dari fungsinya adalah sebagai sumber tenaga penggerak utama kapal ikan untuk melakukan kegiatan olah gerak kapal ikan baik saat di dermaga / pelabuhan maupun pada saat kegiatan penangkapan ikan di daerah penangkapan (fishing ground).
1.      Prinsip Dasar Motor Bakar.
Prinsip dasar motor bakar yaitu berdasarkan teori segitiga api. Untuk menghasilkan tenaga (energi) motor bakar memerlukan tiga unsur yaitu bahan bakar, O2 (udara) dan pengapian. Apabila ketiga unsur tersebut bersatu, maka akan terjadi ledakan/api pada motor bakar yang biasa disebut proses pembakaran bahan bakar, sehingga dari ledakan/api tersebut motor dapat menghasilkan kerja mekanik. Untuk mematikannya, maka salah satu dari sisi segitiga tersebut harus dihilangkan.
2.      Prinsip Kerja Motor Penggerak Kapal Ikan
Menurut proses pembakarannya.
Menurut proses pembakarannya motor bakar torak pembakaran dalam sebagai motor penggerak utama kapal ikan terdiri dari 2 jenis :


a.       Motor tekanan tinggi / diesel
Motor tekanan tinggi / diesel adalah motor penyalaan kompresi, dimana di dalam ruang pembakaran dikompresikan udara hingga mencapai suhu yang tinggi sehingga dapat menyalakan sendiri bahan bakar yang dikabutkan kedalam ruang pembakarannya. Motor diesel menggunakan bahan bakar solar sebagai sumber energinya.
b.      Motor letup/bensin
Motor letup / bensin adalah motor penyalaan api, di dalamnya dinyalakan bahan bakar oleh percikan listrik berupa bunga api. Sedangkan motor bensin menggunakan bahan bakar bensin sebagai sumber energinya.
Perbedaan motor 2 TAK dan motor 4 TAK adalah :
Motor 4 TAK ;
1.      Tiap proses diperlukan 4 x langkah torak, 2 x putaran poros engkol, sedangkan diantara 4 langkah torak hanya 1 langkah saja yang memberi usaha pada poros engkol.
2.      Tersedia 1 langkah penuh untuk pengisian maupun pembuangan
3.      Pembakaran sempurna dan motor bekerja hemat.
4.      Dipakai jika diperlukan penghematan bahan bakar dan putaran cepat
Motor 2 TAK ;
1.      Tiap proses diperlukan 2x langkah torak , 1x putaran poros engkol sedangkan diantara 2 langkah torak, hanya 1 langkah saja yang memberikan usaha.
2.      Pada ukuran dan putaran yang sama, motor 2 TAK dapat menghasilkan tenaga lebih besar dari pada motor 4 TAK.
3.      Suhu torak dan dinding silinder agak tinggi.
4.      Mudah dijalankan dan tenang suara motornya.
5.      Konstruksi sederhana karena tidak memerlukan katup masuk / buang.
6.      Pengisian / pembilasan dan pembakaran kurang sempurna.
7.      Pemakaian pompa bilas, menambah perlengkapan motor menjadi mahal.
8.      Dipakai jika diperlukan tenaga yang besar dan konstruksi sederhana

BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
1.    Tempat Penelitian
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMK Negeri 9 Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lokasi sekolah terjangkau.
2.    Waktu Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan total waktu penelitian 2 bulan yaitu dari bulan September - Oktober pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012.
3.    Siklus Penelitian
Penelitian ini direncanakan terdiri atas 2 siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mesin Penggerak Utama Kapal siswa kelas X NKPI SMK Negeri 9 Makassar pada semester genap tahun ajaran 2011-2012.
B.  Persiapan Penelitian
1.   Melakukan observasi ke sekolah tempat pelaksanaan penelitian (melakukan konsultasi dengan pihak sekolah khususnya kepala sekolah dan guru bidang studi yang bersangkutan untuk mendapatkan izin penelitian).
2.   Mengkaji kurikulum materi pelajaran Mesin Penggerak Utama Kapal kelas X NKPI SMK Negeri 9 Makassar untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan berkolaborasi dengan guru bidang studi Mesin Penggerak Utama Kapal sekolah tempat penelitian.
3.   Mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk materi Prinsip-prinsip motor bensin dan motor diesel. Pola penyusunan RPP di desain untuk setiap pertemuan sebanyak 3 kali jam pelajaran.
4.   Membuat lembar kegiatan siswa (LKS), dan tugas-tugas.
5.   Membuat tabel spesifikasi soal untuk penyusunan tes evaluasi pada pokok bahasan Prinsip-prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
6.   Menyusun instrumen berupa tes hasil belajar yang terdiri atas soal essy sebanyak 6 butir soal.
C.  Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas X NKPI SMK Negeri 9 Makassar yang berjumlah 27 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012.
D.  Sumber Data
     Sumber  data dalam penelitian adalah siswa kelas X NKPI SMK Negeri 9 Makassar.
E.  Teknik Pengumpulan Data
1.      Jenis Data
Data kuantitatif dari hasil observasi aktivitas belajar dan nilai hasil belajar siswa.
2.      Cara Pengambilan Data
Adapun cara pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
a.    Data tentang aktivitas belajar siswa diambil pada saat dilaksanakan tindakan dengan menggunakan lembar observasi. Pada proses pengisian lembar observasi, semua indikator dari aktivitas yang diamati tercantum didalamnya. Keadaan yang diobservasi adalah kegiatan siswa dalam proses pembelajaran.
b.    Data mengenai hasil belajar yang diambil dari tes hasil belajar pada setiap akhir siklus yang terdiri atas 6 item soal.
F.   Indikator Kerja
Dalam PTK ini yang akan dilihat indikator kinerjanya selain siswa adalah guru, karena merupakan fasilitator yang sangat berpengaruh terhadap kinerja siswa.
1.    Siswa
a.    Tes : rata-rata nilai ulangan harian
b.    Observasi : keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar
2.    Guru
a.    Dokumentasi : kehadiran siswa
b.    Observasi : hasil observasi
G.   Analisis Data
Analisis Data dalam Penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 jenis yaitu sebagai berikut :
1.    Analisis Data Kuantitatif
·      Menggunakan analisis statistik deskriptif yang meliputi rata – rata, standar deviasi, modus, median dan tabel distribusi frekuensi
·      Kriteria hasil belajar  dapat dihitung dengan menggunakan rumus
Keterangan :  X   =  Rerata
                      ∑ x =  Jumlah Nilai Seluruh Siswa
                       N   =  Banyaknya Siswa
Menurut Depdiknas 2003;14 rumus yang digunakan dalam menghitung hasil belajar afektif dan psikomotorik adalah
Nilai =     X  100 %
·      Ketuntasan belajar siswa menurut (Ali, 1984;184) dihitung dengan menggunakan rumus:
% 
Keterangan :  %   =    Presentase
                       n    =    Jumlah skor yang diperoleh
                       N   =    Jumlah Skor Maksimal
2.    Analisis Data Kualitatif
·            Data aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi dan data respons siswa berdasarkan pengisian angket
·            Diuraikan perubahan sikap dan aktivitas siswa selama proses pelaksanaan tindakan secara deskriptif
·            Diuraikan respons siswa tentang pelaksanaan tindakan, yakni kemudahan dan kesulitan yang mereka alami serta saran untuk perbaikan tindakan berikutnya
Menurut Moleong (2001:165), proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang terjadi dari berbagai sumber yaitu hasil pengamatan, wawancara, catatan lapangan dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan pada tahap refleksi dari siklus penelitian.
Data yang terkumpul dari hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru dianalisis secara kualitatif melalui analisis evaluasi dan refleksi dengan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sesuai dengan pendapat Miles & Huberman (1992:160) bahwa data yang dianalisis secara kualitatif, meliputi 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh melalui perangkat pengumpulan data akan dianalisis dan selanjutnya direduksi secara sistematis. Data tereduksi ini akan disajikan secara terorganisir untuk dilakukan penarikan kesimpulan.
Data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis secara kuantitatif untuk melihat persentase tiap item dari tanggapan siswa. Data mengenai prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk melihat rata – rata hasil belajar dan tingkat pemahaman siswa.
Tingkat pemahaman diukur berdasarkan kriteria seperti table dibawah ini :
Tabel 2. Kriteria Tingkat Pemahaman Siswa
No
Tingkat Penguasaan (%)
Kategori
1.
2.
3.
4.
5.
90 – 100
80  -  89
65  -  79
55  -  64
0  -  54
Sangat Baik
Tinggi
Sedang
Rendah
Sangat Rendah

3.      Indikator Keberhasilan
Indikator dalam penelitian tindakan ini meliputi indikator kinerja seperti rata – rata, ketuntasan atau KKM dan aktivitas belajar, kemandirian. Dari segi kinerja ditandai dalam proses pembelajaran baik dalam kerja kelompok maupun diskusi kelompok sesuai dengan rencana dan memenuhi tahap-tahap pembelajaran metode demonstrasi dan hasil evaluasi pemahaman siswa jika semua siswa kelas X Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMK Negeri 9 Makassar memperoleh nilai 7,0. maka siklus berikutnya tidak dilanjutkan lagi karena indikator keberhasilan telah tercapai.
Sesuai dengan kriteria standar yang diungkapkan Nurkancana (1986: 39) sebagai berikut:   Tingkat penguasaan 90% - 100% dikategorikan sangat tinggi, 80% - 89% dikategorikan tinggi, 65% - 79% dikategorikan sedang, 55% - 64% dikategorikan rendah, dan 0% - 54% dikategorikan sangat rendah.
H.  Instrumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.    Lembar observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran metode demontrasi.
2.    Tes hasil belajar yang terdiri dari 6 item soal yang diberikan pada setiap akhir siklus.
I.       Prosedur Penelitian
Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) diawali dengan refleksi awal yang dilakukan peneliti yang berkolaborasi dengan partisipan               mencari informasi lain untuk mengenali dan mengetahui kondisi awal atau mencari masalah yang ada pada tempat yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian. Secara umum penelitian tindakan kelas memiliki desain dengan 4 langkah utama, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi.
Penelitian ini direncanakan terdiri atas 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas 3 kali tatap muka. Setiap tatap muka berlangsung selama 3 jam pelajaran (3 X 45 menit). Pada akhir setiap siklus dilakukan revisi tindakan, dan evaluasi hasil     belajar. Pelaksanaan tindakan setiap siklus mengikuti langkah-langkah skenario sebagai berikut:
Siklus I  :                    
a.  Merancang tindakan siklus I
b. Melaksanakan tindakan
c.    Memantau tindakan yang dilaksanakan
d.   Mengevaluasi hasil observasi
e.    Mengadakan refleksi
Siklus II :             
a.  Merancang tindakan siklus II berdasarkan refleksi siklus I
b. Melaksanakan tindakan perbaikan
c.    Memantau tindakan yang dilaksanakan
d.   Mengevaluasi hasil observasi II
e.    Mengadakan refleksi II
Selanjutnya diuraikan gambaran kegiatan yang dilakukan masing-masing siklus sebagai berikut:
1.      Siklus Pertama
Kegiatan yang dilakukan pada siklus pertama adalah sebagai berikut :
a.       Diagnosis Masalah
Diagnosis masalah yaitu mengidentifikasi masalah sebelum merencanakan dan melakukan tindakan penelitian sehingga menghasilkan gagasan untuk melakukan perbaikan-perbaikan metode  mengajar guru di depan kelas. Pada tahap ini peneliti mengamati masalah-masalah aktual yang terjadi kemudian dijadikan sebagai bahan dasar rencana dan tindakan penelitian.  Berdasarkan hasil observasi maka masalahnya adalah kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. 
Hasil observasi ini kemudian dihubungkan dengan hasil-hasil kajian teori yang relevan, sehingga menghasilkan sesuatu program pengembangan tindakan yang dipandang akurat dan sesuai situasi lokasi dimana program tindakan dikembangkan.
b.      Perencanaan
-          Melakukan observasi awal dan wawancara dengan guru mitra tentang pelaksanaan penelitian
-          Melakukan pertemuan dengan kepala sekolah tentang izin pelaksanaan penelitian di sekolah
-          Pertemuan dengan guru mitra untuk menelaah kurikulum dan persiapan materi pembelajaran.  Dalam hal ini disepakati untuk mengembangkan pokok bahasan tentang prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
-          Penyusunan instrument penelitian meliputi. Penyusunan rencana pembelajaran, pengembangan materi ajar, penyusunan instrument penelitian meliputi instrument observasi, instrument angket, instrument hasil tes belajar
-          Peneliti bersama guru mitra mendiskusikan tentang langkah – langkah pembelajaran yang akan dilakukan
-          Kesepakatan dengan guru tentang pelaksanaan tindakan dimana guru mitra sebagai pengajar dan peneliti sebagai observer dalam kegiatan pembelajaran
c.       Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan diawali dengan memperkenalkan strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menjelaskan langkah – langkah penyusunan metode demonstrasi sebagai berikut :
1.         Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir
2.         Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan.
3.         Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.
4.         Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
Setelah siswa diajar tentang langkah – langkah metode demonstrasi maka pertemuan berikutnya dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pembelajaran yang telah disiapkan sebagai berikut :
1.         Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada peserta didik
2.         Guru menjelaskan materi tentang prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
3.         Guru menjelaskan secara singkat bagaimana proses pembelajaran dengan metode demonstrasi.
4.         Terjadi proses Tanya jawab antara guru dan peserta didik
5.         Guru membagikan LKS kepada peserta didik
6.         Siswa dibagi dalam 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 - 6 siswa.
7.         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam praktek mesin bensin dan motor diesel.
8.         Guru memberikan post tes pada siswa.
PERTEMUAN PERTAMA
1.      Kegiatan Awal
a.       Absensi
b.      Memotivasi dan Apersepsi
-          Guru menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tentang prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
-          Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang diberikan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Kegiatan inti
a.       Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang prinsip kerja motor bensin dan motor diesel
b.      Siswa mendengarkan materi yang akan dijelaskan oleh guru.
3.      Kegiatan Akhir
-          Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi hari ini.
-          Guru memberikan tugas kepada peserta didik
-          Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KEDUA
1.      Kegiatan Awal
a.       Absensi
b.      Memotivasi dan Apersepsi
-          Guru menyampaikan prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
-          Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang diberikan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Kegiatan inti
a.       Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang prinsip kerja motor bensin dan motor diesel 
b.      Guru menjelaskan prinsip-prinsip kerja motor  bensin dan motor diesel 
3.       Kegiatan Akhir
-        Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi hari ini.
-        Guru memberikan tugas kepada peserta didik
-        Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.
d.      Observasi
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut
-        Melakukan observasi pada tahapan tertentu dan mengisi daftar cek observasi
-        Mencatat kejadian – kejadian penting di kelas setiap kali proses pembelajaran
-        Melaksanakan tes pada akhir siklus
e.       Refleksi
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut
-        Evaluasi pelaksanaan pembelajaran dikelas oleh tim peneliti
-        Diskusi tim peneliti tentang hasil yang dicapai, mengidentifikasi masalah yang belum teratasi dan menetapkan terapinya
-        Meminta tanggapan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran
Hasil refleksi siklus pertama dijadikan landasan untuk perbaikan tindakan pada siklus ke dua
2.      Siklus Kedua
Pada siklus kedua dilakukan pembelajaran dengan langkah – langkah sama dengan siklus pertama tapi didahului dengan perencanaan ulang untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan pada pembelajaran siklus pertama.
a.      Perencanaan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam perencanaan adalah :
1.      Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi pinsip kerja motor bensin dan motor diesel sesuai dengan silabus SMK.
2.       Menyusun soal post tes materi Mesin Penggerak Utama Kapal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir siswa.
3.      Menyusun lembar observasi berupa lembar afektif dan psikomotorik yang akan digunakan untuk menilai kegiatan siswa dalam proses pembelajaran.
b.      Pelaksanaan Tindakan
Tindakan yang dilakukan pada tahap ini adalah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai skenario yang telah direncanakan. Pada siklus ini berjalan selama 3 jam pelajaran dengan kegiatan sebagai berikut :
1.      Guru membuka pelajaran dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi prinsip-prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
2.      Guru menjelaskan secara singkat bagaimana proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.      Siswa mempersiapkan bahan pelajaran yang digunakan untuk materi prinsip-prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
4.      Guru membimbing dan mengarahkan siswa .
5.       Siswa menyebutkan bagian-bagian jenis mesin dengan penggerak motor bensin dan motor diesel sesuai petunjuk.
6.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan hasil pembelajaran, guru memberikan penegasan tentang kesimpulan Materi dan memberikan uraian lebih lanjut tentang pertemuan berikutnya.
7.      Guru memberikan post tes pada siswa.
PERTEMUAN KETIGA
1.      Kegiatan Awal
a.       Guru mengecek jumlah kehadiran kepada siswa.
b.      Guru menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tentang prinsip-prinsip kerja motor bensin dan motor diesel.
c.       Apersepsi : Guru mengajukan pertanyaan penguatan kepada siswa tentang motor bensin dan motor diesel.
d.      Guru menjelaskan tentang materi yang akan di bahas.
2.      Kegiatan inti
a.       Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap peserta dalam kelompok mendapat nomor
b.      Guru membagikan materi ke kelompok-kelompok
c.       Siswa menyimak materi ajar
d.      Guru memberikan soal tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
e.       Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan kesemua anggota kelompok dapat mengetahui jawabannya
f.       Guru memanggil salah satu nomor peserta/siswa yang dipanggil melaporkan hasil kerja dalam kelompoknya.
g.      Siswa yang lain menanggapi / menyampaikan pertanyaan, kemudian guru memanggil nomor yang lain dst.
3.      Kegiatan Akhir
-          Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi hari ini.
-          Guru memberikan tugas kepada peserta didik
-          Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN KEEMPAT
1.      Kegiatan Awal
a.       Absensi
b.      Memotivasi dan Apersepsi
-          Guru menyampaikan jenis mesin dengan penggerak motor bensin dan motor diesel
-          Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang diberikan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Kegiatan inti
a.       Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa spesifikasi motor diesel
b.      Guru menjelaskan spesifikasi motor diesel
3.      Kegiatan Akhir
-        Guru bersama siswa membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
-        Guru memberikan tugas kepada peserta didik
-        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
a.      Observasi
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah melakukan pengamatan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa melalui lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Kemampuan afektif siswa yang diamati terdiri dari keaktifan mengikuti pelajaran, kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, dan tanggung jawab. Kemampuan psikomotorik siswa yang diamati terdiri dari menyiapkan alat dan bahan, mengetahui spesifikasi motor diesel dan mencatat materi yang telah disampaikan.
b.      Refleksi
Semua data yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan dan proses observasi dikumpulkan, dianalisis dan dievaluasi untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tindakan yang dilakukan.

DAFTAR  PUSTAKA
Ahmadi, Abu. (1991). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Ali dan Lukman. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi II). Jakarta: Balai Pustaka.

Baharudin. (2009). Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Buchori. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Aksara Baru.

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali, (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Roslan karya Company.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Omar Hamalik. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanaky, Hujair (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata, (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, S. J. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Soal Tes Evaluasi
Siklus I
1.      Apakah prinsip dasar motor bakar torak ?
2.      Sebutkan tiga unsur yang terdapat pada segitiga api.
3.      Bagaimana cara menghentikan pengoperasian motor bakar torak ?
4.      Sebutkan jenis motor bakar menurut proses kerjanya ?
5.      Jelaskan pengertian motor diesel dan motor bensin..?
6.      Jelaskan perbedaan motor diesel dan motor bensin.?
Kunci jawaban
1.      Prinsip dasar motor bakar torak adalah teori segitiga api.
2.      Tiga unsur pada segitiga api : pengapian, bahan bakar, dan udara (O2)
3.      Menghilangkan salah satu dari tiga unsur segitiga api.
4.      Menurut proses pembakarannya : motor diesel dan motor bensin
5.      Motor diesel adalah motor penyalaan kompresi / tekanan tinggi Motor bensin adalah motor penyalaan bunga api ( busi )
6.      Perbedaannya adalah :

NO
PERIHAL
MOTOR BENSIN
MOTOR DIESEL
1
2
3
4
1
Pada saat langkah
hisap (pengisian)
Menghisap udara
bercampur bahan bakar yang diperoleh dari karburator
Menghisap udara murni yang diperoleh dari udara luar/ udara bebas
2
Tekanan, suhu
pada akhir langkah
kompresinya
Tekanan rendah
(5-12 kg/cm2)  suhunya dibawah suhu nyala bahan bakar
Tekanan tinggi
(35-40 kg/cm2),
suhunya lebih tinggi
dari suhu nyala bahan bakar.
3
Kejadian pada saat
torak hampir
mencapai TMA.
Penyalaan campuran
udara dan bahan baka
Pengabutan bahan
bakar melalui nozzle/
pengabut dan pompa
bahan bakar
4
Pelaksanaan
pembakaran
Dengan perantaraan
percikan bunga api
(busi)
Langsung dengan suhu kompresinya
5
Tekanan, volume
pada saat
pembakaran
berlangsung
Tekanan naik
mendadak (+ 20
kg/cm2) sedangkan
volumenya tetap
Tekanan naik sedikit
saja sedangkan
volumenya membesar

Soal Tes Evaluasi
Siklus II
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan motor 2 TAK dan motor 4 TAK..?
2.      Deskripsikan posisi torak pada motor 2 TAK untuk setiap proses kerjanya..?
3. Deskripsikan posisi torak pada motor 4 TAK untuk setiap proses kerjanya..?
4. Jelaskan perbedaan motor 2 TAK dan motor 4 TAK..?
Jawaban
1.      Motor 2 TAK adalah prinsip kerja motor bakar torak dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga atau usaha diperlukan 2 x langkah torak, 1 x putaran poros engkol, dan hanya 1 langkah saja yang menghasilkan usaha.
Motor 4 TAK adalah prinsip kerja motor bakar torak dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga atau usaha diperlukan 4 x langkah torak, 2 x putaran poros engkol, dan hanya 1 langkah saja yang menghasilkan usaha.
2.      Posisi torak pada proses kerja motor 2 TAK
Motor 2 TAK :
-          Langkah penghisapan : torak bergerak dari t.m.b menuju t.m.a
-          Langkah pemampatan : torak bergerak dari t.m.a. menuju t.m.b, tapi sebelum mencapai t.m.b busi akan memercikkan bunga api.
-          Langkah pembilasan : torak bergerak dari t.m.a menuju t.m.b akibat ledakan hasil pembakaran bahan bakar bersamaan dengan persiapan pembuangan gas sisa hasil pembakaran, pada langkah inilah dihasilkan usaha.
-          Langkah pengurangan : torak bergerak dari t.m.b menuju t.m.a tekanan
3.      Posisi torak pada proses kerja motor 4 TAK
Motor 4 TAK :
-          Langkah penghisapan : torak bergerak dari t.m.a menuju t.m.b
-          Langkah kompresi : torak bergerak dari t.m.b menuju t.m.a, sebelum mencapai t.m.a pengabut akan mengabutkan bahan bakar kedalam ruang pembakaran.
-          Langkah usaha / ekspansi : torak bergerak dari t.m.a menuju t.m.b akibat ledakan pada ruang pembakaran.
-          Langkah buang : torak bergerak dari t.m.b menuju t.m.a
4.      Perbedaan motor 2 TAK dan motor 4 TAK adalah :
Motor 4 TAK ;
-          Tiap proses diperlukan 4 x langkah torak, 2 x putaran poros engkol, sedangkan diantara 4 langkah torak hanya 1 langkah saja yang memberi usaha pada poros engkol.
-          Tersedia 1 langkah penuh untuk pengisian maupun pembuangan
-          Pembakaran sempurna dan motor bekerja hemat.
-          Dipakai jika diperlukan penghematan bahan bakar dan putaran cepat
Motor 2 TAK ;
-          Tiap proses diperlukan 2x langkah torak , 1x putaran poros engkol sedangkan diantara 2 langkah torak, hanya 1 langkah saja yang memberikan usaha.
-          Pada ukuran dan putaran yang sama, motor 2 TAK dapat menghasilkan tenaga lebih besar dari pada motor 4 TAK.
-          Suhu torak dan dinding silinder agak tinggi.
-          Mudah dijalankan dan tenang suara motornya.
-          Konstruksi sederhana karena tidak memerlukan katup masuk /buang.
-          Pengisian / pembilasan dan pembakaran kurang sempurna.
-          Pemakaian pompa bilas, menambah perlengkapan motor menjadi mahal.
-          Dipakai jika diperlukan tenaga yang besar dan konstruksi sederhana.


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA SELAMA 
PENGGUNAAN  PEMBELAJARAN METODE DEMONTRASI 
(SIKLUS I)


No.
Indikator yang Diamati
Pertemuan
I
II
1.
Siswa yang hadir pada saat proses pembelajaran berlangsung


2.
Siswa yang melakukan aktivitas lain pada saat pembelajaran


3.
Siswa yang mencatat penjelasan guru/ kelompok lain pada saat pembelajaran


4.
Siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti


5.
Siswa yang kurang aktif dalam kerja kelompok


6.
Siswa yang tidak mengerjakan tugas (menyiapkan laporan/makalah)


7.
Siswa yang member tanggapan terhadap jawaban kelompok lain


8.
Siswa yang membantu anggota kelompoknya yang mengalami kesulitan


9.
Siswa yang dapat menyelesaikan soal lks dengan benar


10.
Siswa mengerjakan soal tepat waktu




                                                                              Makassar,   Oktober 2011
                                                                  Observer


                                                                              Muhammad Hasan

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA SELAMA 
PENGGUNAAN PEMBELAJARAN METODE DEMONTRASI (SIKLUS II)

No.
Indikator yang Diamati
Pertemuan
I
II
1.
Siswa yang hadir pada saat proses pembelajaran berlangsung


2.
Siswa yang melakukan aktivitas lain pada saat pembelajaran


3.
Siswa yang mencatat penjelasan guru/ kelompok lain pada saat pembelajaran


4.
Siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti


5.
Siswa yang kurang aktif dalam kerja kelompok


6.
Siswa yang tidak mengerjakan tugas (menyiapkan laporan/makalah)


7.
Siswa yang member tanggapan terhadap jawaban kelompok lain


8.
Siswa yang membantu anggota kelompoknya yang mengalami kesulitan


9.
Siswa yang dapat menyelesaikan soal lks dengan benar


10.
Siswa mengerjakan soal tepat waktu




                                                              Makassar,   Oktober 2011
                                                                  Observer


                                                                              Muhammad Hasan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar